August 19, 2022

MILAD SATU DASAWARSA SMP UNGGULAN AISYIYAH BANTUL

Mendidik Insan Yang Unggul Dan Islami Untuk Menuju Peradaban Utama

Pada tahun 2022 ini, SMP Unggulan Aisyiyah Bantul telah memasuki usia 1 dasawarsanya, tepat pada tanggal 1 Juni 2022, karena SMP Unggulan Aisyiyah Bantul didirikan pada tanggal 1 Juni 2012. Untuk memperingati hari jadinya yang ke-10, dengan mengusung tema “Mendidik Insan yang Unggul dan Islami untuk Menuju Peradaban Utama”, SMP Unggulan Aisyiyah Bantul menyelenggarakan berbagai acara semarak milad.

Diantaranya adalah lomba kebersihan kelas, lomba menghias tumpeng, dan lomba video ucapan milad yang dilaksanakan dari tanggal 25 Mei 2022 sampai dengan 31 Mei 2022. Perlombaan yang digelar secara marathon tersebut diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas 7, 8, dan 9. Di pekan yang sama, juga diadakan Art Exhibition pameran tugas akhir dan market day yang seluruh panitianya merupakan siswa-siswi kelas 9. Pameran yang mengusung tema Clasic ini menampilkan berbagai lukisan dan hasil karya seni siswa-siswi kelas 9 SMP Unggulan Aiyiyah Bantul.  Selain itu, SMP Unggulan Aisyiyah Bantul juga membagikan bingkisan kecil kepada warga sekitar sekolah dan tokoh masyarakat.

Puncaknya, sebagai penutup rangkaian acara Milad SMP Unggulan Aisyiyah Bantul yang ke 10, diselenggarakan acara Resepsi Milad pada hari Sabtu, 4 Juni 2022 di Pendopo Kompleks Pemda II, Manding, Bantul. Acara ini diisi dengan penampilan hiburan oleh siswa siswi SMP Unggulan Aisyiyah Bantul, Pengajian oleh Bapak dr. H. Agus Taufiqurrahman, memotong tumpeng dan doa bersama, launching buku antalogi puisi dan model pembelajaran IPA berbasis Alquran, serta pengumuman kejuaran lomba.

Adapun peserta resepsi milad diikuti oleh seluruh guru karyawan SMP Unggulan Aisyiyah Bantul, wali murid kelas 7,8, dan 9 Perwakilan siswa tiap kelas, alumni guru dan karyawan, BPH SMP Unggulan Aisyiyah Bantul dan tokoh masyarakat. Kegiatan ini juga dihadiri oleh oleh ketua PDM Bantul, ketua PDA Bnatul, Panewu Bantul, Kapolsek Bantul, Lurah Trirenggo, dan Bupati Bantul.

Dalam sambutannya, H. Abdul Halim Muslih selaku bupati Bantul menyampaikan harapan sekolah tidak hanya mengejar nilai/ kecerdasan akademik tetapi juga kecerdasan emosional karena mendidik anak tidak hanya unggul dalam akademik, tetapi juga spiritual dan emosional. Selain itu, sekolah sebaiknya sering berkolaborasi dengan orang tua untuk memberi informasi terkait perkembangan anak. Lebih lanjut, sekolah diharapkan menerapkan inovasi  dalam pembelajaran. Pembelajaran inovasi adalah proses belajar siswa yang dirancang, dikembangkan, dan dikelola secara kreatif yang menerapkan pendekatan yang berbeda untuk menunjukkan arah yang lebih baik dan menciptakan suasana dan proses pembelajaran yang bermanfaat bagi siswa.

Berkaitan dengan hal ini, guna memfasilitasi pembelajaran inovatif di SMP Unggulan Aisyiyah Bantul, pada acara resepsi milad telah dirilis Karya guru berupa Modul pembelajaran IPA yang terintegrasi Al-Quran. Ini adalah pijakan awal dan kedepan pembelajaran di SMP UA Bantul kita arahkan untuk selalu terintegrasi dengan Al-Quran dan agama Islam.

Akhirnya kita berharap, di usianya yang memasuki 1 dasawarsa ini, SMP UA Bantul semakin maju, berjaya, dan mampu mencapai visinya yaitu “Terwujudnya Insan Islami yang Kaffah, Unggul dalan Kecerdasan dan Peduli Lingkungan, dan Berwawasan Global. (zulfa)

Leave a Reply