April 15, 2024

Outbond SMP Unggulan Aisyiyah Bantul : Refresh, Recharge, Reborn

Menuju ASPD 2024, santriwan –  santriwati kelas IX SMP Unggulan Aisyiyah Bantul memasuki hari Rabu yang penuh petualangan dengan kegiatan outbound di Desa Wisata Pulesari, Pulesari, Wonokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta pada 7 Februari 2024. Sebanyak 60 santri dari kelas IX Hajar, IX Halimah, dan IX Zaenab bergembira dalam serangkaian permainan seru dan menarik. Mereka bersiap untuk momen refreshing di tengah-tengah perjuangan menghadapi ASPD. Suasana di SMP Unggulan Aisyiyah Bantul pagi hari itu terlihat tidak seperti biasa. Wajah santriwan –  santriwati kelas XI tampak lebih berseri.

Kegembiraan dimulai dengan pengarahan dari sie acara sebelum memulai perjalanan menuju Desa Wisata Pulesari. Menggunkan bus kota, perjalanan memakan waktu kurang lebih 1 jam dengan pemandangan Gunung Merapi yang gagah di langit yang cerah pagi itu. Tiba di Pendopo 4 Desa Wisata Pulesari, santriwan-santriwati disambut hangat oleh kakak-kakak tim outbound, siap menghadirkan pengalaman tak terlupakan. Antusiasme mekar di setiap langkah kegiatan outbound, di mana permainan-permainan seru dan menantang adrenalin menjadi bahan bakar semangat.

Permainan pertama dilaksanakan di pendopo 4. Santriwan –  santriwati dipandu oleh kakak-kakak tim outbound melakukan permainan icebreaking, fun games, dan permainan indoor yang menuntut konsentrasi peserta. Disinilah kekompakan, kerja sama, dan berpikir kritis diuji. Tak hanya santriwan –  santriwati, bapak ibu guru pendamping pun ikut serta dalam kegiatan indoor ini. Selanjutnya, dibagi menjadi 3 kelompok, santriwan dan santriwati diajak berkeliling Desa Wisata Pulesari untuk melakukan kegiatan petik salak. Merekapun diperbolehkan memetik salak sesuka hati dan merasakan sensasi makan salak fresh langsung dari pohonnya.

Kegiatan outbound tak berhenti di situ. Menuju ke sungai yang mengalir di sepanjang Desa Wisata Pulesari, santriwan dan santriwati melibatkan diri dalam permainan outdoor seperti bumbang bocor, jembatan goyang, jaring laba-laba, titihan bambu, tracking sungai, dan tangkap ikan. Semangat petualangan terus membara ketika mereka menghadapi tantangan melewati Berbagai rintangan di sungai Desa Wisata Pulesari. Teriakan kegembiraan saling bersahutan di sepanjang sungai.

Lebih lanjut, kegiatan tracking sungai mengajak santriwan-santriwati mengeksplorasi alam, menemukan keindahan yang tersembunyi, dan memberikan pengalaman tak terlupakan. Kegiatan outdoor yang menantang adrenalin ini bukan sekadar intermezzo, melainkan pelajaran berharga tentang kehidupan, teamwork, dan problem-solving. Tak heran jika tiap detik petualangan di sungai Desa Wisata Pulesari membangkitkan semangat belajar santriwan dan santriwati, mempersiapkan mereka untuk tantangan-tantangan yang lebih besar di masa depan.

Setelah bersih-bersih, shalat, dan santap siang, kegiatan tak berakhir di sana. Santriwan dan santriwati dari SMP Unggulan Aisyiyah Bantul memasuki bab baru kegiatan yang tak kalah seru, yaitu belajar olahan salak. Dibersamai oleh ibu-ibu PKK Desa Wisata Pulesari, santriwan – santriwati belajar membuat dodol salak dengan antusias. Tak hanya itu, santriwan – santriwati pun diperbolehkan membawa pulang sample dodol salak khas Desa Wisata Pulesari. Setelah penutupan yang penuh semangat pada pukul 14.30, santriwan – santriwati kembali ke sekolah. Kembali ke sekolah dengan bekal semangat dan pengalaman yang melimpah, santriwan-santriwati tak hanya membawa pulang kenangan manis, melainkan juga bekal keberanian dan tekad untuk menghadapi setiap tantangan yang menanti.  Semoga pengalaman seru ini mampu menyulut semangat belajar santriwan-santriwati, mempersiapkan mereka untuk menghadapi ASPD dan ujian sekolah mendatang. Terima kasih kepada kakak-kakak tim outbound Desa Wisata Pulesari yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan seru ini. (AAH)