SEMARAK PESANTREN RAMADAN SANTRI SMP UNGGULAN AISYIYAH BANTUL

Di tengah merebaknya pandemi covid-19 dan hadirnya bulan suci Ramadan tidak menghalangi SMP Unggulan Aisyiyah Bantul untuk melaksanakan Pesantren Ramadan bagi santriwan/santriwati dengan tema “Be Better Moeslem Generation”  Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan generasi muslim yang baik, paham Al-Qur’an dan sunah Rosulullah, meningkatkan pengetahuan dan ilmu agama. Dikarenakan masih dalam situasi pandemi covid-19, maka kegiatan pesantren ramadhan tahun ini dilaksanakan melalui daring/jarak jauh. Wujud dari kegiatan ini adalah berupa rangkaian materi tentang keislaman dan penugasan, yaitu berupa praktik ibadah sehingga penguatan tentang Islam bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Materi pada kegiatan ini, meliputi materi adab pergaulan muslim, materi leadrship, materi fiqih (toharoh dan shalat), serta materi tahsin. Penugasan-penugasan yang dilaksanakan oleh para santri, yakni praktik salat/wudhu, membantu orang tua menyiapkan buka puasa, tadarus dan juga salat sunah yang lainnya.

Kegiatan pesantren Ramadan ini juga disemarakkan oleh berbagai lomba yang dikhususkan untuk para santri SMP Unggulan Aisyiyah Bantul, lomba tersebut berupa lomba adzhan, lomba kaligrafi, lomba tartil, dan lomba kultum. santriwan/santriwati sangat antusias dalam mengikuti lomba tersebut. Lomba tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan para santri menumbuh kembangkan kemampuan di luar kemampuan akademis mereka.

Pesantren Ramadan untuk santri SMP Unggulan Aisyiyah Bantul dilaksanakan selama dua hari pada hari Jum’at-Sabtu, 23-24 april 2021 dan Pembukaan dilaksanakan pukul 13.30 WIB dan dibuka oleh kepala sekolah. Ustadzah H. Khusnul Hanifah, S.Pd, S.i. Kepala sekolah berharap dengan adanya pesantren Ramadan ini bisa membangkitkan semangat dalam beribadah walaupun dimasa pandemi. Kegiatan Pesantren Ramadan ini dilaksanakan di rumah masing-masing dan segala kegiatan dilakukan melalui zoom. Keterbatasan dimasa pandemi ini tidak menyurutkan semangat santri dalam berpartisipasi aktif pada kegiatan ini.