MENUMBUHKAN KEPEDULIAN DAN KEMANDIRIAN MELALUI KSM

KSM merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul. Tahun pelajaran 2017/2018 menjadi tahun ketiga dalam penyelenggaraan kegiatan ini. Kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh santri kelas VIII ini bertujuan untuk mendidik karakter para santri agar bisa hidup mandiri dan bertanggung jawab dalam menjalankan segala aktivitasnya. Dengan kegiatan ini pula, santri bisa belajar mengenai kebudayaan bersosialisasi masyarakat, kerja sama, bergotong royong, dan keterampilan masyarakat serta menumbuhkan rasa kepedulian dalam diri santri terhadap lingkungannya.

KSM tahun ini diikuti oleh 57 santri yang terdiri dari 28 santri putra dan 29 santri putri. Kegiatan ini berlangsung hari Jumat-Senin, 15-18 Desember 2017 bertempat di 4 Kecamatan, yaitu Pandak, Sanden, Srandakan, dan Lendah. Dalam penyelenggaraannya, panitia KSM SMP Unggulan Aisyiyah Bantul bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kecamatan masing-masing, terutama dalam hal pencarian orang tua asuh.

Hal-hal yang dilakukan oleh para santri di lokasi KSM masing-masing adalah membantu pekerjaan rumah orang tua, mengajar di TPA, mengikuti kegiatan ibadah dan tadarus di masjid/mushola, kegiatan kampung seperti jalan sehat,  membantu pekerjaan orang tua asuh, serta memberikan bantuan sembako kepada orang tua asuh atau warga kurang mampu di sekitar lokasi KSM. Beragamnya latar belakang pekerjaan orang tua asuh pada KSM kali ini, membuat pengalaman para santri berbeda satu dengan lainnya. Diantaranya adalah ada yang kesehariannya membantu membuat emping, membuat batik dengan pewarna alam, dan banyak hal-hal seru dan positif lainnya.

Kedepannya kegiatan KSM ini akan menjadi agenda rutin sekaligus kegiatan unggulan SMP Unggulan Aisyiyah Bantul. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman baru dan positif bagi para santri, namun juga sebagai sarana SMP U mengenal dan bersilaturahmi dengan warga masyarakat luas, serta memberikan manfaat bagi warga khususnya orang tua asuh para santri dalam kegiatan KSM. (e.p.a.)