April 20, 2024

KARAKTER DAN BUDAYA SEKOLAH

Karakter dan Budaya Sekolah
(School Character and Culture)

Sekolah Menengah Pertama Unggulan Aisyiyah memiliki keunikan yang lain dan jarang dimiliki olehsekolah-sekolah lainnya. Keunikan tersebut telah menjadi komitmen,karakter, dan budaya sekolahsehingga tertanam kuat kedalam semua warga sekolah. Dilaksanakan dengan penuh konsistensi tinggidalam suasana yang dinamis, dan terus berlangsung secara terus-menerus dengan tidak mengenal lelah.

Berbekal pada karakter dan budaya sekolah tersebut, menjadikan sekolah ini unggul dan favorit dimasyarakat. Berdirinya SMP Unggulan Aisyiyah pada tahun pelajaran 2012/2013 mendapat kepercayaandari masyarakat, mereka dengan mantap menyekolahkan putra-putrinya, walaupun harus mengikuti beberapa test yang diadakan oleh panitia PPDB. Banyak pertanyaan mengapa menyekolahkan di SMPUnggulan Aisyiyah Bantul dan mengapa begitu percaya keunggulan dari SMP Unggulan Aisyiyah.Padahal membutuhkan biaya yang tidak sedikit

Dari hasil temuan dan wawancara kepada para orang tua, juga para peserta didik, karena adanyakomitmen organisasi Aisyiyah yang telah berhasil menyelenggarakan Sekolah Taman Kanak-kanak (TK ABA) Bustanul Atfal dan PAUD di Bantul, serta sudah berdirinya SD Unggulan Aisyiyah. Begitu mengikutiujian akhir nasional dapat mendongkrak Sekolah Dasar lainnya, sehingga masyarakat lebih percaya kepada yayasan yang dikelola oleh aisyiyah

SMP Unggulan Aisyiyah memiliki Visi dan Misi yang kuat dan jelas dengan indicator adanya sasaran,tujuan, program dan kegiatan yang nyata. Kami dari SMP Unggulan Aisyiyah merupakan program kelasberbasis Agama. Program ini dimaksud untuk yang mempunyai potensi dan bakat di bidang Agama Islam, tetapi juga mempunyai prestasi akademik yang cukup baik. Pelaksanaan program Agama Islamsesuai dengan apa yang ada dalam kaidah-kaidah sesuai dengan Al Qur’an dan As Sunnah. Dalam meberikan layanan tersebut tentu saja diperlukan penyaringan (seleksi) yang ketat agar akurasi dalampenempatan (placement) peserta didik dapat terjamin. Diantara karakter dan budaya di SMP Unggulan Aisyiyah Bantul sebagai berikut:

  1. Seragam Sekolah
    Sejak senin–sabtu seluruh peserta didik wajib memakai seragam. Senin pakaian biru putih, selasa hijau muda/hijau tua, rabu setelan hijau, kamis biru muda/biru tua, jumat hisbul wathan, sabtu batik. Hal ini melatih tertib dan disiplin berpakaian menutup aurat.
  2. Budaya Salam
    Setiap kali bertemu antara guru, karyawan, peserta didik, dan orangtua, mereka saling mengucapkansalam dan berjabat tangan. Ada salam yang khas yang dimiliki sekolah ini, yaitu apabila peserta didik mengucapkan “Assalamualaikum…”,maka dijawab dengan “Waalaikumsalam…”,kemudian peserta didik ditanya kembali dengan, “Bagaimana kabarnya kamu hari ini?”,maka dijawab kembali oleh peserta didiktersebut, “Alhamdulillah, saya sangat berbahagia hari ini”.Jawaban terahir ini yang menjadi khas salamsekolah ini.
  3. (Lima) S
    Merupakan karakter khas sekolah ini, yaitu S ke-1 = Senyum, S ke-2 = Salam, S ke-3 = Sapa, S ke-4 =Sabar, S ke-5 = Syukur. Diharapkan dengan 5 S tersebut akan tercipta suasana pembelajaranyangaman, nyaman, menyenangkan, menantang, dan bermutu
  4. Kultum
    Dilaksanakan setiap shalat dhuhur berjamaah dndilakukan oleh setiap santriwan/santriwati yang telahterjadwal. Hal ini bertujuan untuk membina mental santriwan/santriwati agar berani dalam berbicara didepan umum
  5. Upacara Bendera
    Dilaksanakan setiap hari Senin pagi oleh sekolah dengan petugas yang dijadwalkan secara bergantiansetiap pekannya dan bertindak sebagai Pembina upacara adalah wali kelas dan ustad-ustadzah
  6. Tadarus Al-Quran
    Setiap Senin-Sabtu pagi selama 30 menit ( 06.55-07.25) sebelum pelajaran dimulai dan dipimpin olehustad/ustadzah yang mengajar jam pertama. Diharapkan dengan membaca ayat-ayat suci Al-Quran tersebut, seluruh jiwa, hati, pikiran, dan konsentrasi peserta didik dan ustad/ustadzah menjadipembimbing dalam bingkai kesucian dan ridha Allah. Sehingga ilmu-ilmu yang dituntut menjadi mudahmasuk ke dalam relung hati dan pikiran anak-anak, akhirnya mereka menjadi anak yang cerdas, shaleh,dan tercerahkan.
  7. Bimbingan Baca Tulis Al Quran
    Diberikan khusus bagi peserta didik yang belum dan sudah mampu membaca Al Quran, dilakukan selama jam ektrakurikuler selama semester I dan II. Diharapkan hasilnya dapat memberantas butaaksara Al-Qur’an setelah mereka belajar selama 3 tahun di bangku SMP Unggulan Aisyiyah Bantul.
  8. Shalat Dhuha
    Setiap hari sebelum pelajaran pertama (07.50-07.20). Dilaksanakan di mushola yang tenang dan bersih.Diharapkan dengan shalat dhuha tersebut, seluruh jiwa, hati, pikiran, dan konsentrasi peserta didik danguru-guru menjadi terbimbing dalam bingkai kesucian dan mampu berkonsentrasi pada pelajaranberikutnya. Dan denganharapan pula semoga mereka menjadi anak-anak yang cerdas, shaleh/shalehah,taat beragama, dan tercerahkan hidupnya serta kedua orang tua mereka dimudahkan dalam mencaririzqi yang halal Mubarak dan segala urusannya
  9. Shalat Berjamaah
    Seluruh wargamenegakkan shalat berjamaah pada waktu dzuhur dan ashar di Mushola yang tenang danbersih di bawah bimbingan ustad/ustadzah mereka. Di akhir shalat mereka berdoa bersama untuk dirisendiri, kedua orang tuanya, dan keselematan duniawi dan ukhrawi, serta diisi kultum oleh siswa secarabergantian. Selama mereka berada di sekolah, kedua waktu shalat tersebut akan terjaga, tinggal tigawaktu shalat lainnya di rumah masing-masing
  10. Lomba Kebersihan
    Kelas Kegiatan kebersihan kelas dan sekitarnya yang dilombakan. Penilaiannya dilakukan oleh para Pembinasiswa yang ditunjuk. Hasil penilaian tersebut diumumkan sebulan sekali dengan diberikan piala sekolahsecara bergilir kepada kelas yang mendapat juara
  11. Konsultasi Akademik
    Dilakukan oleh para wali kelas kepada pesertadidik yang menjadi perwaliannya, atau oleh para gurumata pelajaran kepada peserta didik binaannya. Selain itu juga dilakukan oleh para wali kelas kepadaorangtua peserta didik, untu diinformasikan tentang kemajuan/kemunduran prestasi belajar anak-anaknya, kemudian dicarikan solusinya yang terbaik.
  12. Apresiasi Bagi Juara Kelas
    Dalam hal ini pihak sekolah memberikan penghargaan kepada peserta didik yang menjadi juara pertamadengan dibebaskan uang sekolah satu bulan untuk memotivasi kepada yang bersangkutan dan pesertadidik yang lainnya. Apresiasi ini diberikan setiap selesai semester
  13. Kemah Lantik
    Dilaksanakan pada semester ganjil setelah tiga cabang ekstrakurikuler (PBB, HW, dan PMR) melakukanbeberapa kali latihan. Acara ini dimaksudkan untuk memberikan penguatan dan apresiasi kepada parapesertanya. Kegiatan ini dilakukan diluar Sekolah.
  14. Tafakkur dan Tadabbur Alam
    Kegiatan pembinaan dan tarbiyah kepribadian yang Islami, dilaksanakan oleh para anggota kerohanianIslam (Rohis). Para pesertannya dipanggilsantriwan (Laki-laki) dan santriwati (Perempuan). Kegiatan inibiasa dilakukan jauh dari keramaian hiruk pikuk duniawi, yaitu di pedesaan, agar mereka dapat menyatudengan alam dan dapat banyak mengambil pelajaran dari lingkungan tersebut. Dalam pelaksanaannya,Alhamdulillah, keterlibatan para Alumni Rohis yang sudah kuliah di perguruan tinggi UIN, UNY sangatmembanggakan Sekolah
  15. Sanlat Ramadhan dan Ifthar Jama’i
    Biasanya dilakukan selama 3 hari di bulan Ramadhan dengan jadwal kegiatan yang dikemas menarik,dilakukan secara bergantian sesuai dengan jenjang kelas masing-masing. Tujuannya, agar terwujudukhuwwah islamiyah, aqidah yang lurus, amal yang shaleh, emphati sosial yang tinggi, dan akhlaqulkarimah para pesertanya. Biasanya kegiatan diakhiri dengan melakukan buka puasa bersama.
  16. Latihan Qurban Jama’I
    Dilakukan setiap tanggal 13 Dzulhijjah setiap tahunnya. Yang menarik dari kegiatan ini, dua bulansebelum hari H, peserta didik, guru, dan karyawan sudah menabung setiap hari hingga terkumpul danayang cukup besar, yaitu sepadan dengan harga 4-5 ekor kambing. Setelah disembelih, daging-dagingnyadidistribusikan oleh para guru, karyawan dan pengurus OSIS kepada para mustahiqnya di sekitar tempattinggal mereka
  17. Manasik Haji
    Kegiatan ini diberikan khusus bagikelas IX, yang menjadi salah satu persyaratan uji praktik ibadahsyari’ah sebelum Ujian Nasional. Dilaksanakan setelah Hari Tasyiq, bersama MGMP PAI Kab. Bantul.Hasil kegiatan ini diharapkan menjadi bekal bagi peserta didik ketika mereka hendak melakukanibadahUmrah maupun Haji setelah mereka tamat
  18. Aneka Ekstra Kurikuler
    Kegiatan non akademik yang memberi wadah/ kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkankreatifitasnya sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing. Terdapat sekitar 15 jenis ekskul yangdikembangkan di sekolah ini
  19. Komite Sekolah dan Wakil Orang Tua
    Kelas Organisasi para orang tua peserta didik yang salah satu tugas utamanya mendukung dan menunjangkegiatan sekolah dalam upaya meningkatkan mutu layanan pendidikan. KomiteSekolah dan Wakil OrangTua Kelas adalah partner sekolah dalam berbagai event dan kegiatan. Mereka bekerja dan membantusekolah tanpa mengharapkan imbalan apapun, kecuali ridha Allah SWT, adanya pengajuan kelas.
  20. Subsidi Studi Lanjut Bagi Guru
    Upaya yayasan dan komite sekolah dalam membantu para guru, khususnya dalam menyelesaikanpendidikannya ke jenjang S2
  21. Networking Pendidikan
    Jaringan kerjasama yang selama ini telah dijalin oleh sekolah ini baik dengan UAD maupun UMY didalam teknik pendidikan dan pembelajaran
  22. Falsafah Hidup dan Kata-kata Mutiara
    Falsafah Hidup dan Kata-kata Mutiara yang dipasang pada tempat-tempat stategis di lingkungan sekolah,yang bertujuan agar dapat memotivasi dan memberikan teladan kepada seluruh warga sekolah dalambekerja, belajar, dan beribadah. Seperti kalimat, “Lebih baik menunggu 30 menit dari pada terlambat 1menit”, dan masih banyak yang lainnya.
  23. Konsultan Pendidikan dan Psikolog
    SekolahAdalah mitra sekolah dalam menjalankan aktivitasnya. Dengan bantuan konsultan pendidik dan psikolog tersebut, diharapkan sekolah mampu memberikan layanan pendidikan kepada peserta didik, untukmengoptimalkan potensi kecerdasan yang peserta didik miliki
  24. Latihan Dasar Kepemimpinan Islam bagi IPM
    Kegiatan yang dilakukan untuk mendidik pesertadidik menjadi calon pengurus IPM, dan untuk melatihmereka untuk menjalankan roda organisasi yang sesuai dengan aturan pemerintah dan yayasan.
  25. Budaya Disiplin
    Dimana seluruh peserta didik dalam keberadaannya di sekolah mereka diatur sesuai dengan Tata TertibSekolah yang berlaku, dan sudah disosialisasikan dan disepakati bersama pada setiap awal tahunpelajaran. Tujuan akhir dari Tata Tertib tersebut agar semua warga sekolah merasa aman, nyaman,menyenangkan
  26. Budaya Jujur, Kerja Keras, Cerdas, Ikhlas, Berkualitas dan Tuntas.
    Merupakan budaya yang melekat pada setiap guru, karyawan, dan peserta didik di sekolah ini. Pesertadidik dilatih untuk menyelesaikan tugas-tugasnya (terutama dalam latihan-latihan, ulangan, dan ujian)dengan cepat, akurat, tepat waktu,dan hanya berharap mendapatkan pahala dan ridha dari Allah, bukandari orang lain.
  27. Tim Peduli Lingkungan
    Komunitas peserta didik yang menjadi front liner dalam hal 9 K di sekolah. Mereka dalam menjalankanaktivitasnya terjadwal rapi dengan dibimbing olehseorang Pembina Siswa.
  28. Pelatihan Pembelajaran Bilingual
    (Dual Languages) Adalah program pelatihan dan pendidikan bahasa inggris bagi guru-guru mata pelajaran Bahasa Inggris,Matematika, Sains Terpadu, TIK, dan IPS Terpadu di sekolah selama 20 kali pertemuan, yang akan digunakan untuk melakukan proses pembelajaran bilingual di kelas dilaksanakan setiap Rabu sore