April 15, 2024

SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul Gelar Kegiatan Tasmi’ Al-Qur’an

SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul sukses menyelenggarakan kegiatan Tasmi’ Al-Qur’an Bil Ghaib Juz 29 dan Juz 30 untuk para santriwan dan santriwatinya. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program tahfidz khusus yang merupakan program unggulan sekolah. Secara terminologi, tasmi’ berarti memperdengarkan beberapa ayat Al-Qur’an kepada pendengar. Tasmi’ umumnya juga dipahami secara teknis sebagai kegiatan melantunkan ayat-ayat Al-Qur’an yang dihafal tanpa melihat mushaf kepada pendengar yang digunakan sebagai ujian setelah sebelumnya melakukan murojaah. Selain sebagai sarana menguji hafalan, kegiatan ini juga ditujukan untuk melatih mental santriwan-santriwati SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul.

“Tujuan dari kegiatan Tasmi’ Al-Qur’an ini adalah untuk menguji hafalan Qur’an santriwan-santriwati SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul sekaligus melatih mental santriwan-santriwati agar terbiasa murojaah di hadapan jamaah. Selain itu juga menumbuhkan motivasi para santri untuk terus menghafal Al-Qur’an”, ungkap Ustadzah Pudyas Tataquna Raniya, M.Pd selaku guru pembimbing program tahfidz khusus SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul.

Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap yang dimulai dari tanggal 5 Oktober 2023 dengan dua peserta yaitu Nabila Restu Putri, kelas VIII Maryam dan Khairul Zuhdi Latekeng, kelas VII Khadijah. Keduanya berhasil membacakan Juz 30 dari surat An-Naba’ hingga An-Naas dengan sangat baik. Dua minggu berselang, yakni pada tanggal 20 Oktober 2023 yang lalu, dilaksanakan kegiatan Tasmi’ Al-Qur’an tahap II dengan dua peserta yaitu Syifa Ajeng Fatika, kelas IX Hajar dan Aisyah Mar’atush Sholihah kelas IX Zaenab. Keduanya juga membacakan Juz 30 dari surat An-Naba’ hingga An-Naas. Selanjutnya kegiatan Tasmi’ Al-Qur’an akan dilaksanalan kembali pada bulan November 2023.

“Senang sekali bisa berkesempatan mengikuti kegiatan tasmi’ ini. Semoga menambah motivasi untuk  menghafal Al-Qur’an”, ungkap Nabila Restu Putri. Peraih juara III Cabang Hafalan Al-Qur’an MTQ Kabupaten Bantul itu membagikan tips menghafal Qur’an diantaranya yaitu niat ikhlas karena Allah SWT, menggunakan satu jenis mushaf Al-Qur’an, sering melakukan murojaah (mengulang bacaan) dan menggunakan jenis murotal tertentu yang disukai. Saat ini Nabila dan kawan-kawan sedang berusaha menyelesaikan hafalan juz 29.  

Adapun kriteria peserta yang mengikuti Tasmi’ Al-Qur’an ini yaitu santriwan-santriwati yang telah menyelesaikan target hafalan satu juz. Sebelumnya, kegiatan ini diawali dengan mempersiapkan siswa yang masuk kriteria calon peserta. Selain telah menyelesaikan target hafalan satu juz, santriwan-santriwati peserta harus siap secara mental. Oleh karena itu, santriwan-santriwati peserta diberikan bimbingan intensif sebelum melaksanakan tasmi’ Al Qur’an.

Kepala Sekolah SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul, Hj. Khusnul Hanifah, S.Pd.Si menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada santriwan santriwati yang telah menyelesaikan hafalan Qur’annya. Ustadzah Khusnul juga berterimakasih kepada ustadz-ustadzah pembimbing yang telah mengantarkan santriwan-santriwati SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul pada titik ini.

“Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah SWT. Apresiasi yang setinggi tingginya kami berikan kepada santriwan santriwati SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul telah menyelesaikan hafalan juz 30 dan juga terima kasih kepada ustadz-ustadzah yang yelah membimbing. Ini merupakan program Tasmi’ Al-Qur’an perdana yang dilakukan oleh SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul. Saya yakin, akan ada lebih banyak penghafal Qur’an yang lahir dari SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul”, ucap Ustadzah Khusnul. (SB)