April 15, 2024

SMP Unggulan Aisyiyah Bantul Laksanakan Ujian Blok Semester Gasal

SMP Unggulan Aisyiyah Bantul melaksanakan Ujian Blok Semester Gasal kelas VII, VIII dan IX selama 6 hari, mulai tanggal 25 September sampai 03 Oktober 2023, secara dalam jaringan (daring) / online  menggunakan aplikasi sekolah. Ujian blok ini merupakan asesmen sumatif lingkup materi yang dilaksanakan secara bersama-sama untuk semua mata pelajaran. Lingkup materi yang diujikan tidak terlalu banyak, bisa satu atau dua lingkup materi sehingga tidak memberi beban yang banyak bagi santri. Ujian blok ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengetahui pemahaman dan penguasaan materi santri agar mampu digunakan sebagai evaluasi baik guru, sekolah, santri, maupun orang tua santri.

Pelaksanaan Ujian Blok di SMP Unggulan Aisyiyah Bantul dengan menggunakan Handphone (HP) masing-masing. Meskipun ujian dilaksanakan secara daring, tempat pelaksanaan ujian tetap berada di sekolah. Sekolah juga memfasilitasi bagi santri yang saat pelaksanaan ternyata Handphone memiliki kendala, terdapat Laboratorium Komputer untuk santri mengerjakan Ujian Blok. Seluruh santri yang melaksanakan Ujian Blok menggunakan Handphone masing-masing tidak ada kendala dan berjalan dengan lancar, kecuali terdapat 10 santri yang mengerjakan di Laboratorium Komputer karena handphone tidak dapat menginstal aplikasi ujian.

Terdapat 16 mata pelajaran yang diujikan pada ujian blok semester gasal. Setiap hari santri melaksanakan 3 mata pelajaran ujian blok. Santri kelas VII, VIII dan IX diacak dalam tempat duduk ujian yang salah satu tujuannya yaitu agar santri dapat lebih akrab dengan teman kelas lain. Santri mengikuti ujian blok dengan tertib dan disiplin dalam melaksanakan ujian blok. Ujian blok merupakan suatu standardisasi untuk mengetahui hasil belajar santri. Ibu Hj. Khusnul Hanifah, S.Pd.Si. selaku kepala SMP Unggulan Aisyiyah Bantul berpesan agar semua santri mengerjakan soal Ujian Blok dengan baik, teliti dan jujur, sehingga dapat mendapatkan hasil yang memuaskan. (VW)