June 26, 2024

Siswa SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul Juara International Karate Championship

Prestasi gemilang kembali diraih oleh siswa SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul. Zahira Nabila Suseno berhasil menjadi yang terbaik kedua di ajang International Karate Championship yang berlangsung di GOR Amongrogo Yogyakarta pada tanggal 11 – 13 Agustus 2023. Kejuaraan ini diikuti oleh kontingen dari berbagai wilayah di Indonesia, bahkan juga dari luar negeri seperti Malaysia. Siswa kelas VIII Hawa SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul tersebut turun di nomor Kata Perorangan Kadet Sabuk Kuning Putri. Karateka yang akrab dipanggil Aira itu mengaku sangat senang dengan pencapaiannya tersebut.

“Alhamdulillah, seneng dan bersyukur banget bisa dapet Juara 2”, ujarnya.

Prestasi ini merupakan prestasi pertamanya di kejuaraan karate. Meskipun demikian, Aira sudah mengenal karate sejak duduk di bangku kelas I SD. Ketertarikannya dengan olahraga bela diri asal Jepang ini bermula saat disuruh Ayahnya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler karate di Sekolahnya. Saat naik ke kelas II SD, ia berhenti dari aktivitasnya di karate dan kembali berlatih pada akhir tahun 2022 yang lalu, saat ia duduk di bangku kelas VII SMP.

Saat ini, Aira tergabung dalam klub karate Dojo Sendang Sari yang berlokasi di Pajangan, Bantul. Di tengah kesibukannya sebagai siswa SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul, Aira masih sempat mengikuti latihan karate. Setidaknya ia berlatih dua kali dalam seminggu. Intensitas latihannya akan ditingkatkan terutama saat akan menghadapi kejuaraan. Seperti pada kejuaraan International Karate Championship yang diikutinya itu, ia mengaku menambah jadwal latihannya dan mengikuti Training Center.

“ Biasanya latihan dua kali dalam seminggu, untuk persiapan kejuaraan kemarin intensitas latihannya ditambah dan juga ada Training Center tiap hari Minggu”, ujarnya.

Kepala Sekolah SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul, Hj. Khusnul Hanifah, SPd.Si mengaku sangat senang dan bangga dengan prestasi yang diraih siswanya itu.

“Alhamdulillah, siswa SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul kembali berprestasi. Kami ucapkan selamat kepada ananda Aira, semoga bisa menginspirasi yang lain”, ujarnya. Hj. Khusnul Hanifah S.Pd.Si juga menyampaikan bahwa sekolah akan memberikan apresiasi kepada santrinya yang berprestasi. Selain itu, sekolah juga memberikan kelonggaran waktu bagi siswa yang mengikuti kejuaraan sehingga dapat berlatih dengan maksimal. (SB)