April 16, 2024

Idul Adha, SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul Peduli Sesama

Dalam Rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1444 H , SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul menyelenggarakan kegiatan lomba memasak yang diikuti oleh seluruh santriwan-santriwati SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul. Kegiatan ini diawali dengan penyembelihan seekor sapi sebagai sarana pendidikan sekaligus melatih santriwan-santriwati melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

Selain itu, penyembelihan hewan kurban di sekolah juga merupakan implementasi dari kurikulum Ismuba (Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab). Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 Juli 2023 yang bertepatan dengan tanggal 13 Dzulhijjah 1444 H.

“Penyembelihan (sapi) ini dimaksudkan untuk memberikan pengajaran tentang Hari Raya Idul Adha secara autentik pada santriwan-santriwati bahwa hakikat Qurban adalah ketundukan kepada Allah SWT. Selain itu, Qurban juga berfungsi membentuk pribadi yang bersungguh-sungguh dalam mengabdi pada Allah SWT sehingga rela mengorbankan harta, pikiran, tenaga bahkan nyawa”, terang Haftshal Khoiru Fi Hakim, ketua panita sekaligus guru pengampu Ismuba SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul.

Kegiatan lomba memasak sendiri berlangsung sangat seru. Santriwan-santriwati SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul terbagi menjadi 14 kelompok. Masing-masing kelompok bebas menentukan menu olahan daging sapi yang akan disajikan di hadapan para juri. Hasilnya, aneka olahan daging sapi seperti tongseng, sop, sate, hingga steakberhasil tersaji dengan apik. Selain dalam rangka menyemarakkan Hari Raya Idul Adha, kegiatan lomba memasak ini juga berhasil meningkatkan kreativitas santriwan-santriwati SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul.

Selain itu, kegiatan yang dikemas secara berkelompok ini juga mendidik karakter gotong-royong yang erat kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila. Selain digunakan untuk lomba memasak, sebanyak 50 paket daging sapi juga dibagikan ke guru karyawan dan juga warga sekitar SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul.

“ Kegiatan ini (pembagian daging) kami maksudkan untuk mempererat silaturahim antara warga sekolah dengan masyarakat sekitar. Selain itu, kegiatan ini juga ditujukan untuk mengajarkan pada santriwan-santriwati SMP Unggulan ‘Aisyiyah berbagi dengan sesama sekaligus memperkenalkan sekolah”, ujar Hj. Khusnul Hanifah, S.Pd.Si, Kepala Sekolah SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul.

Pada momentum Idul Adha 1444 H ini, SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul juga memberikan 1 ekor kambing ke Lazismu (Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sadaqah Muhammadiyah) Bantul. Selanjutnya, 1 ekor kambing tersebut disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan.

Haftshal Khairu Fi Hakim, selaku ketua panitia Qurban SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul berharap semoga dengan daging dan hewan qurban yang diberikan kepada masyarakat dapat bermanfaat dan mendatangkan keberkahan. Ia juga berharap semoga kegiatan serupa dapat kembali dilaksanakan di tahun-tahun mendatang dengan lebih baik lagi. (Shaim Basyari)