April 15, 2024

Milad ke-11, SMP UA Adakan Pawai Bertajuk Profil Pelajar Pancasila

Pada tanggal 2 Juni 2023 yang lalu, SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul merayakan hari ulang tahunnya yang ke-11. Perayaan hari ulang tahun yang ke-11 ini berbeda dengan perayaan-perayaan ulang tahun sebelumnya. Pada tahun ini, HUT SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul dirayakan dengan menggelar pawai bertajuk “Semarak Milad ke-11, Wujudkan Profil Pelajar Pancasila”.

Pawai berlangsung sangat meriah. Ratusan masyarakat di sekitar sekolah terlihat antusias menyaksikan iring-iringan santriwan-santriwati SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul yang tampil atraktif mengenakan berbagai busana dan menampilkan pertunjukan seni di sepanjang rute yang dilalui. Setiap kelas menampilkan pertunjukan yang berbeda sesuai tema yang ditentukan panitia Milad. Adapun tema yang ditampilkan oleh santriwan-santriwati SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul tidak lain adalah Profil Pelajar Pancasila yang meliputi, Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Mandiri, Bernalar Kritis, Kreatif, Bergotong Royong, dan Berkebinekaan Global.

Seluruh peserta pawai terlihat bersemangat mengikuti pawai ini. Salah satu peserta pawai, kelas VII Khadijah nampak kompak mengenakan kostum yang terbuat dari limbah plastik dan barang bekas. Mereka bernyanyi sambil sesekali diiringi suara drumband. Ada juga kelas yang menampilkan tokoh pewayangan “anoman” lengkap dengan kostum dan pernak-perniknya. Sang anoman nampak “pede” memainkan perannya dan berhasil menyita perhatian banyak orang.  Selain diikuti oleh santriwan-santriwati, pawai ini juga diikuti oleh ustadz/ustdzah SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul.

Acara ini juga dihadiri oleh beberapa tamu undangan seperti Bapak Agus Ramea yang merupakan Pengawas SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul, Kepala SD Unggulan ‘Aisyiyah Bantul, Kepala TK ABA Mardiputra Bantul dan Ibu Farida Ulfa yang merupakan Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Bantul. Para tamu undangan ini nampak ikut melebur dalam suasana gembira bersama peserta lainnya.

“Saya bangga dan terharu sekaligus sangat mengapresiasi seluruh pihak yang telah menyukseskan acara ini. Terutama kepada Santriwan-santriwati yang sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menampilkan seni dan pertunjukan yang luar biasa.” , ujar Farida Ulfa, sambil terlihat meneteskan air matanya.

“Semoga dengan kegiatan ini menjadi momentum bagi kita untuk terus bersemangat dan berupaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul”, sambungnya. Pawai profil pelajar pancasila ini sekaligus juga merupakan aksi nyata SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul dalam mendukung program “merdeka belajar” yang dicanangkan pemerintah. Sebagaimana kita ketahui, setelah pemerintah melalui Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi meluncurkan kurikulum merdeka belajar juga menetapkan 6 Profil Pelajar Pancasila yang harus dimiliki peserta didik sekaligus sebagai “roh” merdeka belajar itu sendiri. Profil Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai Pancasila. (SB)