December 2, 2022

OUTBOUND KELAS IX SMP UNGGULAN AISYIYAH BANTUL: Be Better, Happier, and More Successful

Menjelang Assesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) santriwan-santriwati kelas IX SMP Unggulan Aisyiyah Bantul mengikuti kegiatan outbound bersama yang diselenggarakan di Kampung Flory Sleman Yogyakarta pada hari Sabtu, 5 Februari 2022. Kegiatan outbound ini diikuti oleh 83 santri yang terdiri dari kelas IX Hajar, IX Halimah, dan IX Zaenab. Kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun ini merupakan momen untuk refreshing santri kelas IX di tengah-tengah perjuangan mereka yang penuh dengan kegiatan try out baik dari sekolah maupun dinas untuk menghadapi ASPD.

Kegiatan outbound ini diawali dengan pengarahan oleh sie acara kemudian perjalanan ke Kampung Flory. Sampai di Kampung Flory santriwan-santriwati sudah disambut oleh kakak-kakak dari tim outbound Kampung Flory. Santriwan-santriwati sangat menikmati kegiatan ini, mereka antusias mengikuti rangkaian kegiatan outbound yang penuh dengan permainan-permainan seru dan menarik serta ada juga permainan yang menantang adrenalin.

Dalam kegiatan Outbound ini santri dibagi dalam 2 kelompok besar yaitu santriwan dan santriwati yang masing-masing dipandu oleh kakak-kakak tim outbound. Rangkaian outbound diawali dengan icebreaking, fun game, serta permainan indoor yang melatih konsentrasi peserta. Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan pin sebagai identitas peserta, lalu peserta diajak jalan-jalan ke taman untuk wisata edukasi mengenal jenis-jenis tanaman dan penanamannya, serta terapi ikan di kolam. Peserta juga mendapatkan satu pot tanaman untuk ditanam di rumah masing-masing.

Outbound dilanjutkan dengan permainan outdoor yang dibagi dalam kelompok-kelompok kecil untuk melatih kekompakan, kerja sama, dan critical thinking. Jenis permainan ini ada lompat balok, perang air, flying byur, dan permainan-permainan seru lainnya. Setelah rangkaian outbound selesai santri bersih-bersih, shalat, dan makan siang kemudian diakhiri dengan penutupan. Kegiatan outbound selesai pada pukul 14.30 dan santri tiba kembali di sekolah pukul 15.15 WIB.

Semoga kegiatan outbound ini dapat meningkatkan kembali semangat santriwan santriwati untuk belajar dan bersiap untuk berproses serta berjuang untuk menghadapi ASPD dan juga ujian sekolah. Terima kasih kami ucapkan kepada kakak-kakak tim outbound kampong Flory yang sudah membersamai santri kelas IX SMP Unggulan Aisyiyah.