December 2, 2022

PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MANASIK HAJI

Siswa kelas IX SMP UNGGULAN AISYIYAH BANTUL mengikuti kegiatan manasik haji yang diselenggarakan oleh MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) ISMUBA (Al Islam,Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab). Kegiatan inimerupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh MGMP ISMUBA Bantul bekerjasama dengan KBIH (KelompokBimbingan Ibadah Haji) Aisyiyah Kabupaten Bantul, pada tahun ini kegiatan ini diselenggarakan pada hari rabu tanggal 01 November 2017, sedikitnya ada sekitar 1169 peserta yang terdaftardari seluruh sekolah Muhammadiyah tingkat SMP/MTs di Kabupaten Bantul.

Kegiatan ini dimulai dari Masjid Agung Manunggal Bantul, kemudian para peserta danpendamping berjalan menuju lapangan voly gedung DPRD Kabupaten Bantul untukmelaksanakan wukuf di Arafah, setelah itu dilanjutkan menuju lapangan parkir Gajahmadasebagai muzdalifah dan selanjutnya melakukan lempar jumroh, setelah melakukan lemparjumroh para peserta menuju lapangan Paseban untuk melakukan thawaf dan sa’i. meskipun ruteyang diambil tahun ini cukup jauh karena jalan Sudirman masih dalam perbaikan, namunkegiatan ini berjalan lancar karena mendapatkan arahan dan pengamanan dari Polsek Bantul

Kegiatan manasik haji kali ini dihadiri oleh Bapak Asek 3 Kab. Bantul Drs. H. Totok SudartoM.Pd., Perwakilan Kemenag Kabupaten Bantul, Ketua Majelis Dikdasmen PWM Bapak Dr. ArifBudi Rahardjo, M.Pd., Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bantul Bapak Drs.H. Sahari serta para tamu undangan.

Tujuan dari kegiatan ini di antaranya adalah untuk menumbuhkan ghirah dan semangat pada diripara pelajar untuk melaksanakan ibadah haji yang sebenarnya, selain itu kegiatan ini jugasebagai ujian praktik dari teori yang telah diajarkan kepada para siswa sebelumnya.